Selasa, 09 Februari 2010

PENYAKIT PLN SELATPANJANG KAMBUH,SETIAP DATANGNYA HARI RAYA IMLEK,LISTRIK SERING PADAM MENDADAK HINGGA BERJAM-JAM

SEPERTI SUDAH MENJADI TRADISI PLN SELATPANJANG
MENJELANG PERAYAAN HARI RAYA IMLEK,PEMADAMAN MENDADAK KERAP TERJADI
SELATPANJANG.Meskipun sudah 30 tahun lamanya, Perusahaan listrik Negara ranting selatpanjang beroperasi di tengah tengah masyarakat selatpanjang dan sekitarnya, Namun buruknya pelayanan penerangan listrik masih menjadi permasalahan utama yang di hadapai oleh masyarakat(konsumen).Dari pemadaman bergilir,hingga pemadaman mendadak masih saja terus terjadi, Dan kayaknya sudah menjadi tradisi, Setiap masyarakat tionghoa selatpanjang akan merayakan hari raya imlek, Maka listrik pun sering mengalami pemadaman di luar jadwal(mendadak).
“Bagai mana daerah ini akan berkembang dan masyarakatnya maju, Jika saja daerah ini masih di dera oleh masalah yang di sebabkan oleh carut marutnya system pelayanan yang di berikan oleh PLN, parahnya meskipun sudah 30 tahun lamanya, perusahaan semi pemerintah,yang bertanggung jawab atas ketersediaan listrik yang di pergunakan untuk menunjang peningkatan pendapatan daerah itu, Ternyata belum menunjukan kinerjanya dengan baik, Pasalnya selama itu pula, PLN ranting selatpanjang tidak mampu memberikan kebutuhan daya listrik kepada masyarakat, sehingga dengan berbagai keterbatasan yang di miliki oleh PLN, Selalu di jadikan tameng oleh PLN untuk menepis tudingan dari masyarakat, terkait kinerjanya yang di anggap tidak becus dan kurang propesional itu, Kata Lam Hie atau yang biasa di sapa hendrik salah seorang mahasiswa pasca sarjana di salah satu perguruan ternama di negeri singa itu ketika balik kampong ke kota selatpanjang yang merupakan kampong kelahiranya itu.
Sebut Hendrik, yang mengaku sudah satu minggu di kota selatpanjang itu, Buruknya pelayanan listrik di selatpanjang, sangat terasa sekali ketika masyarakat tionghoa selatpanjang akan menyambut perayaan tahun baru imlek,Di mana PLN selain melakukan pemadanan secara bergilir yang selama ini mereka terapkan, Ahir ahir ini PLN juga menambah keboborkanya dalam menyediakan daya listrik kepada masyarakat, Coba banyangkan memasuki bulan februari atau tepatnya memasuki perayaan tahun baru imlek tahun 2010 ini saja, PLN sedikitnya telah melakukan pemadaman secara mendadak yang sangat tidak wajar dan sudah keterlaluan,

Misalkan saja, Dalam minggu-minggu terahir ini jadwal pemadanan mendadak yang mereka lakukan baik siang maupun tengah malam, jika di hutung hitung mencapai puluhan kali,lebih parah lagi, pemadaman yang mereka lakukan itu hingga berjam-jam lamanya,Dengan terjadinya pemadalan yang tidak beraturan ini, tentu saja akan berdampak banyaknya aktifitas masyarakat tionghoa yang mempersiapkan perayaan imlek menjadi terganggu, belum lagi adanya alat rumah tangga seperti kipas angina, computer, Televisi, yang rusak,
Dengan kondisi listrik seperti ini, Sudah barang tentu, masyarakatlah selaku konsumen yang di rugikan, kalau boleh, PLN jangan hanya pandai menagih rekening pelanggan tepat waktu, namun PLN juga harus mempertimbangkan sejauh mana pelayanan yang mereka berikan, jika kondisi ini terus di biarkan, kami sangat khawatir akan mempengaruhi atau menghambat pertumbuhan ekonomi masyarakat did aerah ini, apalagi kita sudah tidak lagi berada di sebuah kecamatan, Namun kita saat ini berada di ibukota kabupaten kepulauan meranti,. Lalu mana peningkatan kinerja PLN yang seharusnya di tingkatkan kepada masyarakat seiring berubahnya status daerah ini menjadi kabupaten.
Trinurkhalid pimpinan ranting cabang selatpanjang ketika di komfirmasi wartawan ini melalui selulernya, terkait bobroknya kinerja mereka dalam memberikan pelayanan listrik kepada masyarakat, pihanya mengatakan, Pemadaman listrik mendadak yang ahir ahir ini terjadi, di karenakan adanya kerusakan kabel menuju panel 20 KV, jadi akibat kerusakan itu, mau tidak mau pemadalan harus di berlakukan, kilahnya yang terkesan menutupi kebobrokan kinerjanya selama ini.




MTQ Alahair Timur Meriah
Amri “Masyarakat Kecewa Sikap Mubaligh Kampanyekan Calon
SELATPANJANG–Pelaksanaan Musabaqoh Tilawatil Qur.an (MTQ) Tingkat Desa Alahair Timur, Kecamatan Tebing Tinggi,Kabupaten kepulauan meranti yang dibuka Drs H Rosfian MM Sekdakab, Sabtu (6/2) malam bertempat di Mushalla Nurul Hidayatul Solihin, Dusun Karang Anyer Alah Air Tumur. Yang di hadiri oleh hadiri oleh ribuan jaamaah itu membuat suasa pembukaan MTQ sangat meriah
“Alhamdulillah, acara pembukaan MTQ Tingkat Desa Alahair Timur, Sabtu malam berlangsung meriah, acara dibuka secara resmi Sekda Drs H Rosfian MM, Namun sayangnya, banyak pengunjung yang kecewa terhadap Mubaligh yang diundang Panitia, dalam memberikan tausyiah pada acara pembukaan tersebut sempat berkompanye untuk memilih salah satu calon Bupati meranti” Ujar Amri, Sekdes Alahair Timur sekaligus merangkap sebagai panitia MTQ, kepada Dumai Pos, Minggu (7/2).
Dijelaskan Amri, pada acara pembukaan MTQ yang diikuti tidak kurang dari 70 peserta dari 6 RW tersebut panitia sengaja mengundang Mubaligh dari Kota Pekanbaru untuk memberikan tausiahnya. Namun yang disesalkan Pengunjung dalam menyampaikan ceramahnya, mubaligh tersebut sempat berkompanye mengajak masyarakat untuk memilih salah satu Calon Bupati Kepulauan Meranti pada Pemilu Kada 3 Juni mendatang. Malah calon yang disebutkan tersebut ikut mengghadiri acara pembukaan MTQ
Menurut Amri, apa yang disampaikan Mubaligh tersebut dalam ceramahnya sangatlah tidak tepat waktunya, sebab pembukaan MTQ ini bukan ajang untuk berkompanye akan tetapi untuk mensyiarkan ajaran Islam.Namun di sini sangat jelas si mubalih yang di undang dari ibu kota propinsi riau itu malah mengkampanyekan salah seorang calon bupati
Sementara itu, Sekretaris daerah meranti Drs H Rosfian MM, dalam pengarahaannya mengajak umat Muslim di daerah ini untuk lebih giat lagi membaca, menggali dan mengamalkan isi kandungan Al-Qur’an sebagai pedoman hidup.
“kalau kita semua mau selamat di Dunia maupun di Akhirat, jangan sesekali meninggalkan pedoman hidup kita yakni Al-Qur’an dan Sunah rasul, perbanyaklah membaca Alqur,an dan didik anak dan genarasi kita agar mereka tekun mengaji dan mengamalkan isikandunngannnya” Ujar Rosfian.
Pendaftaran Balon Perseorangan Diumumkan


SELATPANJANG - Tahapan demi tahapan persiapan pemilihan umum kepala daerah dan wakil daerah (Pemilukada) Kabupaten Kepulauan Meranti terus berjalan. Sesuai jadwal yang direncanakan, Selasa (9/2) Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kepulauan Meranti akan mengumumkan pendaftaran bakal calon (Balon) perseorangan atau independent.

Demikian disampaikan Sekretaris KPU Kebupaten Kepulauan Meranti Jeneri A Ginting MSi kepada wartawan ini kemarin. Itu merupakan jadwal verifikasi pantia pemungutan suara (PPS) dan panitia pemilihan kecamatan (PPK).
lanjut Sekretaris KPU Kepulauan Meranti Yang biasa di sapa om ginting , akan memberitahukan kepada PPS dan PPK terkait pelaksanaan verifikasi tersebut setelah pendaftaran calon perseorangan kepala dan wakil kepala daerah tersebut diumumkan.

''Sesuai jadwal yang telah direncanakan, batas akhir penyerahan berkas dukungan calon perseorangan ke PPS yakni pada tanggal 12 Februari. Sebelumnya kita akan mengumumkan dibukanya pendaftaran. Kemudian pemberitahuan dari KPU kepada PPS dan PPK tentang pelaksanaan verifikasi,'' jelasnya.

Setelah nantinya masuk berkas dan pendaftaran bakal calon perseorangan, sambungnya, akan dilaksanakan verifikasi administrasi selama tiga hari. Terhitung mulai tanggal 13-15 Februari.. Selanjutnya, dilakukan pula verifikasi faktual di PPS selama sembilan hari. Mulai dari tanggal 16-24 Februari 2010.

''Setelah diverifikasi di PPS, selama dua hari dibuat berita acara hasil dari verifikasi tersebut. Selanjutnya, verifikasi di PPK paling lama tujuh hari setelah menerima berita acara dari PPS. Kemudian, berita acara verifikasi dan rekapitulasi berkas tersebut, diserahkan ke KPU,'' terang




*Di Balik Rekonstruksi Kasus Pembunuhan
Sekali Tikam Langsung Terkapar


SELATPANJANG - Lela (15) seketika terkapar. Seiring jerit kesakitan yang terlontar dari mulut wanita ini, dari bagian perutnya tampak mengalir darah segar. Tak lama berselang, ia pun tewas di tempat. Lela ditikam Podek (30), pria yang telah lama jadi pacarnya dengan mata tombak yang biasanya diperuntukkan buat berburu babi.

Peristiwa itu terungkap dari adegan rekonstruksi yang digelar Polsek Tebing Tinggi bekerja sama dengan Cabang Kejaksaan Negeri (Kejari) Selatpanjang, Senin (8/2) di halaman kantor Polsek.

Kapolsek Tebing Tinggi AKP Suratman kepada wartawan ini menjelaskan, rekonstruksi itu merupakan rangkaian dari proses dan diperuntukkan buat mendalami penyidikan. Hasilnya nanti akan dimasukkan ke dalam berkas perkara yang sebelumnya telah dilimpahkan ke pihak kejaksaan.

''Untuk melengkapi berkas perkara dan mendalami proses penyidikan, dilakukan rekonstruksi. Karena medan tempat kejadian perkaranya (TKP) sulit dijangkau, maka rekonstruksi dilaksanakan di kantor polisi saja,'' sebut Suratman.

Ada lebih 20 adegan dalam rekonstruksi itu, lanjut Suratman. Terlihat jelas bagaimana awal ceritanya hingga terjadi penikaman yang berujung kematian Lela. Terungkap, kasus itu dipicu rasa cemburu Podek melihat pacarnya dibonceng pria lain Agiat.

Kemarahan ternyata tak hanya ditujukan ke Lela. Podek yang sudah terlanjur emosi, lantas menikam perut selingkuhannya. Akibat ditikam mata tombak yang lumayan besar, Agiat pun tersungkur bersimbah darah.

Melihat pacar dan selingkuhannya telah terkapar, seketika timbul rasa penyesalan di diri Podek. Rasa kalut membuat Podek nekat mengakhiri hidup dengan menikam bagian perutnya.

''Kasus ini masih dalam proses penyidikan. Kini berkas perkaranya sudah dilimpakan ke jaksa (tahap I) untuk diteliti,'' tambah Suratman

Untuk tersangka Podek, sambung Suratman lagi, perbuatannya itu dijerat dengan Pasal 338 KUHP tentang pembunuhan, Jo Pasal 351 (2,3) tentang penganiayaan yang menyebabkan luka berat dan kematian.

''Jika berkasnya itu nanti dinyatakan lengkap oleh jaksa (P-21), maka akan langsung dilakukan tahap 2 yakni pelimpahan tersangka dan barang bukti (BB). Saat ini proses penyidikan tengah berlanjut,'' sebut Suratman.




*Lagi, Penangkapan Illog Di Merbau Tanpa Tersangka
600 Tual Ilog Diamankan


MERBAU - Sedikitnya 600 tual kayu yang diduga ilegal (Illegal Loging) berhasil diamankan Polsek Merbau, Senin (8/2) sekitar pukul 11.00 WIB pagi kemarin. Tapi sayang, sama seperti sebelumnya, pengungkapan perkara pembalakan liar itu juga tak ada tersangka.

Saat ditemukan, kayu yang diduga tak dilengkapi dokumen resmi tersebut masih berada dalam parit di Dusun 11, Sungai Dakal, Kecamatan Merbau. Kuat dugaan, ratusan tual kayu itu akan dibawa ke suatu tempat untuk dijual.

Kapolsek Merbau AKP Sasli Rais SH MH kepada wartawan ini mengatakan, kayu tersebut kini statusnya barang temuan. Sementara pemilik Ilog tersebut, lanjutnya, masih dalam penyelidikan. Selanjutnya, BB Ilog itu akan dibawa ke Polres Bengkalis.

''Kayu tersebut bersifat temuan. Tak ada tersangka yang berhasil diamankan dalam pengungkapan perkara ini. Saat ini kasus tersebut masih dalam pengembangan. Guna mengungkap siapa pelaku di balik aksi pembalakan liar itu, kini kita tengah melakukan penyelidikan intensif,'' sebut Sasli Rais.

Pengungkapan ini, lanjutnya, membuktikan kalau aksi Ilog di wilayah hukumnya masih berjalan. Untuk kitu, agar aksi serupa tak terulang kembali, pihaknya kini intensif melakukan pemantauan.

Ditemukan ratusan Ilog tersebut, masih menurut Sasli, berawal dari adanya informasi masyarakat. Menindaklanjuti laporan itu, petugas kemudian diturunkan ke lapangan guna melakukan penyelidikan.

Ternyata informasi itu akurat. Setibanya petugas di lokasi, memang benar adanya ratusan tual kayu yang diduga ilegal. Namun sayang, seperti menyadari ada petugas kepolisian yang datang, pemilik atau yang bertanggung jawab atas kayu itu sepertinya menghilang. Hingga kayu itu telah diamankan, identitasnya pun tak diketahui.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan masukan komentar anda